Sabtu, 17 September 2022 | 21:21 Wita

Mahasantri Menulis – Allah Bersama Orang Sabar

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

OPINI, HidayatullahMakassar.id — Sabar dalam menyikapi segala sesuatu yang akan menggoda iman kita merupakan suatu hal yang sangat perlu kita pupuk dari sejak usia dini.

Kesabaran dalam melawan hawa nafsu bisa menjadi nilai plus bagi diri kita di dalam mengarungi bahtera kehidupan ini, yang semakin hari semakin besar godaan yang kita hadapi.

Menurut istilah, sabar adalah menahan diri dari kesusahan dan menyikapinya sesuai syariah dan akal, menjaga lisan dari celaan dan menahan anggota badan dari perbuatan dosa.

Sabar merupakan ajaran yang banyak dianjurkan dalam quran dan hadits. Manusia senantiasa diarahkan untuk selalu bersabar dalam menjalani sikap dan menahan emosi, sehingga bisa dengan ikhlas dan rela hati menerima kondisi yang sedang dialami.

Sebagaimana dalam firman Allah subhanahuwata’ala yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah ; 153 , yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, jadilah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar”.

Telah jelas di ayat tersebut Allah menjelaskan kepada orang-orang beriman bahwa Allah akan selalu berserta mereka yang menjadikan sabar dan shalat sebagai penolong.(*)

*) Oleh : Nur A’fuwa, Mahasantri Prodi PGMI STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar