Rabu, 14 September 2022 | 20:10 Wita

Mahasantri Menulis – Keutamaan dan Kemuliaan Surah Al-Fatihah

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

OPINI, HidayatullahMakassar.id — Al-fatihah menjadi surah yang spesial karena sering di baca setiap hari karena menjadi syarat sahnya shalat. Bukan hanya itu, ada banyak keutamaan lain dari surah yang menjadi surah pertama dalam Al-Qur’an ini.

Imam Malik berpendapat jika jumlah ayat dalam surah Al-Fatihah hanya enam. Dan yang berpendapat bahwa ayat dalam surah Al-Fatihah hanya enam, tidak memasukkan basmallah menjadi bagian dari surah tersebut.

Sedangkan Imam Muhammad Bin Idris atau yang sering kita kenal sebagai imam Asy-Syafi’i  berpendapat surah Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat, dan berkebalikan dari pendapat yang pertama.

Surah Al-Fatihah memiliki 139 huruf, yang terangkai dalam 25 kata. Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Al-Qur’an yang ternyata memiliki keutamaan dari isi kandungannya.

Berikut adalah beberapa keutamaan surah Al-Fatihah

  1. Induknya Al-Qur’an.
    Dinamakan Ummul Qur’an dan Ummul Kitab karena surah ini mencakup seluruh tujuan-tujuan agama. Hal ini seperti yang disebut dalam hadits Rasulullah SAW

 الحمرالله ام القرانوام الكتاب والسبع المثاني

Artinya: “Surah alhamdulillah (yaitu Al-fatihah) adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab, dan as ab’ul matsani ” (HR. Tirmidzi)

  1. Sebagai Obat.
    Kemampuan surat Al-fatihah untuk menyembuhkan penyakit disebut juga sebagai as-syifa yang berarti obat. Dalam kitab Sayyid Muhammad Saad Ibnu Alawi Al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik Ibu Umair mengatakan:

الكتاب شفا ءمن كل داء فا تحة

Artinya: “Surah yang menjadi pembukaan dalam Al-Qur’an adalah obat segala sesuatu, surah itu adalah surah Al-fatihah “.

  1. Syarat Sah Shalat.
    Keutamaan surah Al-fatihah lainnya adalah menjadi syarat sah dan tidak sahnya shalat seseorang. Karena surah ini adalah salah satu rukun shalat, sehingga tidak ada shalat seseorang tanpa adanya Al-fatihah. Rasulullah SAW  bersabda:

لاصلاةلمن لم يقراءبفاتحةالكتا ب

Artinya: “Tidak sah shalatnya orang yang tidak membaca surah Al-fatihah”.
(HR. Muslim)

  1. Surah Yang Mulia .
    Sebagaimana Abu Said bin Mu’alla berkata: “Pada suatu hari aku sedang shalat di masjid, setelah shalat selesai Rasulullah SAW memanggilku kemudian ia bersabda, ‘Aku akan mengajarkan mu sebuah surah yang teragung dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid ‘
    Aku bertanya. ‘ Surah apakah itu wahai Rasulullah? ‘. Rasulullah SAW pun kembali bersabda, ‘ (ia adalah surah) segala puji bagi Allah tuhan semesta alam. Ia adalah tujuh ayat yang di ulang-ulang (dalam setiap rakaatnya) dan Al-Qur’an yang agung di berikan kepada ku’ .”
    (HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i)
  2. Surah Yang Paling Utama .
    Abu Hurairah meriwayatkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Alhamdulillahi rabbil ‘alamin adalah Umm Al-Qur’an, Umm al-kitab, as-sab’ul matsani, Al-Qur’an, al-‘azhim, ash-shalat, asy-syifa dan ar-ruqyah .” (HR. Tirmidzi)
  3. Terdapat Munajat Antara Hamba dan Allah .
    Abu Hurairah mengatakan bahwa suatu saat Rasulullah SAW bersabda: ” Allah telah berfirman ‘Aku membagi (kandungan makna) surah Al-fatihah untuk-ku dan untuk hamba-ku menjadi dua bagian. Dan aku akan mengabulkan apa yang hambaku pinta “.

Apabila ia mengucapkan ” alhamdulullahi rabbil ‘alamin “.
Aku menjawab ” Hambaku memuji ku “.
Apabila ia mengucapkan ” arrahmani arrahiim “.
Aku menjawab ” hambaku menyanjungku “
Apabila ia mengucapkan ” iyyakana’budu wa iyyaka nasta’in “.
Maka aku menjawab ” ini adalah urusan antara aku dan hamba-ku, dan aku akan mengabulkan apa yan hambaku pinta “
Apabila ia membaca ” ihdinassiraatalmustaqim “
Maka aku menjawab ” ini adalah hambaku, dan dia akan mendapatkan yang ia pinta “

Seealah mengetahui keutamaan surah Al-fatihah ini, semoga dapat meningkatkan amal ibadah menjadi lebih baik lagi.(*)

*) Oleh : Ahmad Hudzaifah, Mahasantri Prodi PGMI STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar