Sabtu, 3 September 2022 | 11:25 Wita

Energi Positif Berjamaah

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh : Ust Suwito Fatah MM, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar

HidayatullahMakassar.id — Islam adalah agama yang menekankan perlunya hidup berjamaah, baik dalam bidang ibadah (mahdlah) maupun dalam muamalah.

Hidup berjamaah akan mengundang rahmat dan pertolongan Allah. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda; ” ….Sesungguhnya pertolongan Allah di atas al jamaah…” HR. An Nasaa’i dengan sanad hasan.

Balasan bagi orang-orang yang suka berjamaah, di dunia akan mendapatkan keberkahan hidup, dan di akhirat akan dimasukkan ke dalam syurga-Nya secara berjamaah.

Hadits riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda; “Golongan pertama yang masuk ke dalam syurga, wajah mereka seperti bulan purnama, dan orang-orang sesudahnya seperti bintang yang paling terang cahayanya. Hati mereka sama seperti hati seseorang tidak ada perselisihan, tidak ada saling bermusuhan, dan tidak ada saling mendengki.”

Setiap orang beriman diperintahkan untuk selalu menjaga ukhuwah dan berjamaah, sekaligus dilarang merusak dan memutus keduanya (ukhuwah dan berjamaah).

“Seorang muslim adalah orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya….” HR. Bukhari.

“Orang mukmin adalah saudara orang mukmin yang lain, harus saling nasehat menasehati dalam kondisi apapun.” HR. Ibnu Nujjar.

Ukhuwah dan berjamaah harus dijaga dengan menjauhi perbuatan-perbuatan yang tercela seperti berburuk sangka, dengki dan lain lain.

Sungguh, kehidupan berjamaah akan memberikan keberkahan dan kebersamaan dalam menggapai kebahagiaan di dunia dan kelak di akhirat. Wallahu’alam bish shawwab.(*)



BACA JUGA