Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:11 Wita

Mahasantri Menulis – Kehidupan dalam Islam itu…

Editor: Humas Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar
Share

HidayatullahMakassar.id — Artinya hidup dalam Islam yakni ibadah. Keberadaan kita di dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah subhana wa ta’alla.

Makna ibadah yang dimaksud adalah tentu saja pengertian ibadah yang benar bukan semata ibadah hanya shalat, puasa, zakat dan haji saja. Tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Kehidupan dalam Islam juga mengajarkan kita gaya hidup yang benar. Menurut ajaran Islam kehidupan itu tidak berlebih lebihan. Ketika membeli sesuatu seperti pakaian misalnya tidak berlebih-lebihan dalam hal harga, jumlah hingga jenisnya yakni warna yang tidak terlalu mencolok. Serta tidak mengedepankan hawa nafsu dalam segala hal.

Di kehidupan dalam Islam juga menyebutkan wanita adalah sumber fitnah. Maka dari itu Islam menyerukan bagi seorang wanita untuk menutup aurat atau menggunakan busana muslim yang tertutup seperti menggunakan kaos kaki dan cadar bagi yang siap untuk istiqomah dalam menggunakannya.

Nah sedangkan yang kita bisa lihat di zaman sekarang sudah banyak busana-busana yang digunakan wanita-wanita zaman sekarang yang berlebihan. Walau menurut penggunanya itu biasa saja tetapi menurut Islam itu sesuatu yang berlebih-lebihan itu tidak baik.

Contoh busana berlebihan bisa dilihat dari sisi warna yang mencolok/terang serta menggunakan busana muslim hingga menarik perhatian lelaki.

Allah menciptakan manusia bukan hanya untuk sekadar tidur, bekerja, makan maupun minum, melainkan melengkapi bumi ini dan beribadah kepadaku.

Menurut tafsir Ibnu Qoyyim al-Jauziyah “Bahwa tujuan Allah menciptakan manusia serta jin dan makhluk hidup lainnya di bumi adalah untuk beribadah kepadanya”. Bukan untuk berleha-leha dalam menikmati kesenangan dunia yang sesungguhnya semua itu adalah hanya titipan semata.(*)

*) Oleh: Zakiyah Darajat, Mahasantri Jurusan PGMI STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar



BACA JUGA