Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:40 Wita

Mahasantri Menulis – Ini Adab Pergaulan dalam Islam Hindarkan Kerusakan Remaja

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

HidayatullahMakassar.id — Ada sebuah cerita tentang seorang wanita yang dulunya tersesat pergaulan bebas kini menjadi orang yang dekat dengan Al-Qur’an. Wanita ini dibesarkan dari keluarga yang sangat taat agama. Sejak kecil dia selalu diajarkan shalat lima waktu, berhijab sejak dini, puasa, mengaji dan lainnya.

Akan tetapi, ketika beranjak dewasa dia merasa semakin jauh dari Allah. Dengan pengaruh lingkungan pergaulan dan teman-temannya.

Awal kemaksiatan dialaminya ketika dia mengenal pria yang menjadi pacarnya. Mulanya dia tidak ikut terseret ke dalam arus yang ia buat namun lama kelamaan ia terseret ke dalam kemaksiatan yang sangat merugikan dirinya.

Kemudian, setelah lama terus mengikuti kemaksiatan yang ia buat. Dia pun mulai sadar dan berpikir untuk berubah. Awal tahun 2016 dia pun berniat merubah tingkah lakunya dari membaca buku-buku, artikel, dan video-video keislaman.

Dan di situlah dia menemukan konsep-konsep ketuhanan. Bagaimana cara mendekati dan menjauhi larangan-Nya. Bagaimana cara agar bisa “menyelematkan kedua orang tua ku dari panasnya siksa api neraka akibat perbuatan ku”.

Dan mulailah dia sedikit demi sedikit menghafalkan Al-Qur’an dan mengubah tingkah lakunya yang sesuai dengan ajaran Islam. “Aku bersyukur karena Allah mengizinkan ku untuk menyelamatkan orangtua ku, semoga Allah mengampuni dosa-dosa ku, Aamiin”.

***

Banyak persoalan yang timbul dari pergaulan remaja zaman sekarang, sebagaimana cerita di atas. Itu tak lain karena tidak memperhatikan adab pergaulan yang baik dan benar menurut Islam.

Banyak juga zaman sekarang remaja-remaja terlalu mengikuti trend-trend masa kini. Sehingga banyak yang menyimpang dari Islam. Seperti pergaulan bebas atau pacaran, wanita berhijab tetapi berikhtilat dengan lawan jenis atau berkhalwat.

Seperti yang Allah sebutkan dalam Al-Qur’an dalam surat Al-Isra’ ayat 32 :

وَلاَ تَقْرَبُواالزِّ’نى ِانَّهُ كَانَ فَا حِشَة ًوَ سَاءَ سَبِيْلَا {٣٢}

“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk” ( QS.Al-Isra’ : 32 ).

Dari kisah di atas kita bisa ambil hikmah, Bersungguh-sungguhlah maka Allah akan senantiasa membantumu dan bertobat lah sesungguhnya Allah Maha Pengampun.

Berikut sebagian adab pergaulan remaja dalam Islam :

  • Menjaga sopan santun
  • Mengerti dan memahami
  • Selalu mengajak dalam kebaikan
  • Saling membantu
  • Jujur dan adil
  • Berjuang mencari ilmu

*) Oleh : Mujahidah, Mahasantri Jurusan PGMI STAI Al Bayan Hidayatullah Makassar.



BACA JUGA