Jumat, 26 Agustus 2022 | 06:38 Wita

Tri Konsolidasi Dan Cara Pandang Kita

Editor: Humas DPW Hidayatullah Sulsel
Share

Oleh : Ust Suwito Fatah MM, Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah kampus utama Makassar

OPINI, HidayatullahMakassar.id — Ada 3 (tiga) konsolidasi yang menjadi pondasi strategi gerakan dakwah Hidayatullah yang mesti dipahami oleh semua kader, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap cara pandang kita berlembaga.

Konsolidasi jatidiri sebagai basis pemahaman dasar dan pondasi spiritual kader. Sistematika wahyu sebagai manhaj yang melekat dalam pribadi yang dikuatkan dengan Gerakan Nawafil Hidayatullah.

Konsolidasi organisasi sebagai sebuah sistem tata kelola organisasi. Dalam ilmu manajemen konsolidasi organisasi yang dimiliki Hidayatullah ini paripurna. Mulai dari administrasi, regulasi, manajemen, leadership, struktural dan kultural. Sebuah konsep good governance dalam mengelola sebuah organisasi.

Konsolidasi wawasan merupakan proses adaptif terhadap perubahan tanpa meninggalkan akar jatidiri Hidayatullah. Bahwa kader harus terus belajar, menambah ilmu, menambah wawasan karena pondasi peradaban Islam harus dibangun dan dikuatkan dengan keilmuan.

Jika cara pandang kader didasarkan pada 3 (tiga) konsolidasi diatas, maka organisasi Hidayatullah akan terus bergerak dalam meanstream gerakan dakwah dan tarbiyah.

Dinamika yang terjadi di dalam organisasi maupun kader akan mengalir dengan solusi solusi yang menenangkan. Karena sumber penyeselaian masalahnya tidak hanya satu pintu, mulai dari pintu administrasi sampai pintu kultural yang menjadi wasilah solusi dan dibarengi dengan spiritual yang baik.

Selanjutnya ketercerahan diri kita terhadap 3 konsolidasi diatas dapat membangun komunikasi yang aktif dan cair sehingga semua selesai karena sesungguhnya kita sudah bertekad dengan visi yang sama berada di lembaga ini. Wallahu’alam bishshawwab.(*)



BACA JUGA