Selasa, 28 Juni 2022 | 11:03 Wita

Kampus Al Bayan Hidayatullah Makassar Terpilih Ikuti Pelatihan Pesantren Digital BI

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) Sulawesi Selatan menggelar Pelatihan Pesantren Digital di Hotel Novotel Makassar, selama tiga hari, dimulai Sabtu-Senin (25-27/6/2022).

Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) 2022 di Kawasan Timur Indonesia (KTI). FESyar merupakan event road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022.

“Alhamdulillah peserta yang diundang terbatas dan Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar terpilih menjadi bagian dari rencana pengembangan pesantren berbasis digital,” jelas Ketua Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM.

Pihak BI menilai pengembangan digital ekonomi syariah tidak lepas dari peran pesantren sebagai wadah pengembang insan Indonesia bagi pembangunan umat dan negara di masa depan. Sehingga dibutuhkan capacity building yang dapat mengakselerasi pesantren se-Kawasan Timur Indonesia.

Pelatihan tersebut memuat materi terkait pengenalan dan pemanfaatan platform pembayaran digital (QRIS) dan media digital untuk mendukung syiar dan kemandirian ekonomi pesantren, pelatihan perencanaan dan pembuatan konten dakwah digital.

Melibatkan total 106 pesantren se-KTI, salah satunya Pondok Pesantren Al Bayan Hidayatullah Makassar dan juga beberapa pesantren Hidayatullah dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia.

Ini menegaskan bahwa Hidayatullah secara intens menjaga komunikasi yang baik dengan menjadi mitra/binaan Bank Indonesia dalam hal pengembangan kemandirian ekonomi.

Pelatihan yang dilaksanakan secara luring ini bertujuan agar awareness terkait pengembangan potensi digitalisasi pada pesantren menjadi lebih dipahami.

Adapun pesantren yang mengikuti pelatihan ini merupakan binaan dari KPw BI yang berasal dari seluruh Kalimantan, Nusa Tenggara dan Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua. ■ munir