Senin, 13 Juni 2022 | 12:04 Wita

Peliharalah Dirimu dan Keluargamu

Editor: Firman
Share

Oleh : Dr Sabriati Aziz MPdI, Pembina Pesantren Hidayatullah Albayan Islamic School Makassar

HidayatullahMakassar.id — Keluarga adalah institusi penting dalam sebuah peradaban. Keluarga merupakan pondasi dalam peradaban itu sendiri.

Hal ini semakin diperhadapkan pada tantangan pada keluarga kontemporer. Dimana keluarga saat ini dipengaruhi oleh pemikiran feminisme.

Saat ini pemikiran feminisme sedang memasuki keluarga-keluarga muslim. Contoh nyata pemikiran ini diantaranya menganggap anak sebagai beban.

Mereka merasa semakin banyak anak, semakin banyak beban yang dimiliki. Bahkan karena pemikiran ini, akhirnya memutuskan untuk tidak memiliki anak. Free Child.

Namun, ketika dihari tua. Barulah berfikir. Wah… ternyata asyik ya.. punya anak. Punya cucu. Ada yang mengunjungi kita.

Sehingga… Tidak sedikit dijumpai orangtua meninggal.l namun tidak ada yang mengetahuinya. Karena apa? Karena jompo. Tidak memiliki anak. Tidak memiliki keluarga.

Hal penting selain itu terkait pendisikan dalam keluarga yakni adab. Ulama terdahulu, belajar adab terdahulu. Lalu belajar ilmu. Namun, di zaman sekarang. Belajar ilmu terlebih dahulu, kemudian adab. Maka, tidak sedikit melahirkan ilmuan tapi kurang adabnya.

Orang sering mengaitkannya dengan etika. Padahal etika itu adalah hasil dari pendidikan.

Maka terkait tantangan keluarga dan pendidikan dalam keluarga marilah kita “jagalah dirimu dan keluargamu? Bagaimana caranya ?

Pertama dan utama, memiliki ilmu tauhid yang kuat. Kenalilah Allah sampai kamu tidak butuh pertolongan manusia. Jika belum sampai pada tahap itu. Teruslah berbenah, belajar tauhid.

Kedua, mengajarkan keluarga adab terlebih dahulu daripada ilmu, melakukan ketaatan, menjauhi larangan, melatih diri.

Hal-hal seperti ini bisa hadir di keluarga. Dengan adanya kurikulum keluarga, kurikulum pendidikan adab. Yang mana di dalamnya ada komponen, tujuan, prinsip, materi, dan evaluasi.■ Evianingsih

*) Disarikan dari pemaparan saat Bedah Buku “Peliharalah Dirimu dan Keluargamu di Masjid Umar Al Faruq Pesantren Hidayatullah Makassar, Ahad (12/6/2022).



BACA JUGA