Kamis, 21 April 2022 | 04:52 Wita

Komunitas IMD Terangi Pesantren Hidayatullah Tompobulu dengan Listrik Tenaga Surya

Editor: Firman
Share

MAROS, HidayatullahMakassar.id – Komunitas Ikhtiar Menuju Darusalam (IMD) mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar Cell/PLTS) untuk menerangi kawasan Ponpes Tahfizh Hidayatullah Tompobulu, Maros.

Instalasi dan percobaan penggunaan listrik dari PLTS dilakukan Rabu (20/4/2022). “Alhamdulillah dari bantuan donatur yang kami himpun, tahap pertama ini PLTS sudah bisa digunakan untuk menerangi masjid dan jalan masuk pondok,” jelas Koordinator Komunitas IMD Agus Baldie.

PLTS yang berhasil dikembangkan baru menggunakan empat plat panel solar cell. Selanjutnya menurutnya, IMD masih akan menawarkan donasi untuk menambah kapasitas daya dengan penambahan panel.

“Kebutuhan untuk tahap pertama dari dana donasi Rp 12-15 juta. Moga akan ada lagi dana terhimpun sehingga makin luas dan banyak yang bisa diterangi listrik. Jazakallahukhairan kepada para donatur,” ujarnya.

Komunitas IMD merupakan inisiatif beberapa alumni UMI khususnya dari Fakultas Teknik, FTI dan Ekonomi. Salah seorang inisiatornya alumni Teknik Elektro 92 Hasmin Amin merupakan pengusaha dan pakar kelistrikan yang telah mengembangkan sejumlah project solar cell.

Menurut Hasmin, memungkinkan pesantren Hidayatullah Tompobulu untuk mandiri energi. “Selain solar cell juga bisa dibangun pembangkit mikro hydro dari air sungai,” tambahnya.

Di tengah guyuran hujan yang deras, tim IMD melakukan instalasi PLTS tersebut, Rabu sore kemarin. Jelang berbuka lampu diujicoba dinyalakan diiringi pekikan takbir dan ucapan syukur dari para santri.

Selama ini, puluhan santri santri penghafal quran di Ponpes Hidayatullah Tompobulu, Pucak, Maros, belajar hanya diterangi temaram lampu listrik.

Bentangan instalasi listrik yang jauh dari gardu sehingga daya tak memadai. “Lampu tak stabil, kurang terang dan perangkat elektronik seperti kipas angin tidak bisa maksimal berputar,” jelas Ketua Yayasan Albayan Hidayatullah Ust Suwito Fattah MM.

Pembina santri Ust Ahmad Anshor bersama puluhan santri tahfizh bersyukur dan mendoakan para donatur atas ikhtiar telah mendonasikan PLTS untuk kenyamanan belajar dan menghafal quran.■ fir