Rabu, 23 Maret 2022 | 22:36 Wita

Ada Halaqah Tahfidz di Pondok Putri Albayan Pesantren Hidayatullah Makassar. Ini Tujuannya

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id – Santri tahfidz selalu identik dengan halaqah. Tak jauh beda dengan pondok tahfidz lainnya.

Pondok tahfidz Putri Al Bayan Hidayatullah Makassat pun melaksanakan kegiatan serupa setiap hari.

Halaqah tahfidz terbagi menjadi beberapa waktu. Diantaranya halaqah tahfidz pagi pukul 05.30-07.00. Halaqah Dhuha pukul 08.30-10.30, Halaqah sore 16.30-17.00. Dan halaqah malam pukul 20.30-21.00

Halaqah ini dilaksanakan di mushala Putri Al Bayan. Diampu oleh beberapa murabbiyah. Ustadzah Rif’at Riddhatillah, Ukhti Nur Aisyah Fitri Ramadhani, Ukhti Nur Hasanah, dan Ukhti Indah Ahkam.

Program Tahfidz di Hidayatullah Makassat selama 3 tahun dengan target hafalan santri 15 juz. Setiap kali menyetorkan hafalan, jika tidak lancar. Maka wajib mengulang. Setiap ziadah di ulang dari awal juz dari juz yang telah dihafal.

“Ada pula ujian kenaikan juz. Semua hafalan di murajaah dalam satu pekan secara mandiri ataupun disetorkan ke murabbiyah,” tutur ustadzah Rif’at menjelaskan program tahfidz.

Tujuan dari kegiatan ini, harapnya, semoga santri menjadi ilmuan penghafal Al-Qur’an. “Dokter penghafal Al-Qur’an, apapun profesinya selalu bersama Al Qur’an. Khusus ke depannya. Al Bayan ini menjadi tempat rujukan dalam ilmu qira’ah,” tegas Ustadzah Rif’at.■ Masyithah Mutammimah Sarmadani/ALFA PERS