Minggu, 26 Desember 2021 | 12:56 Wita

Bermegah-megahan Membangun Masjid

Editor: Firman
Share

■ Dakwah Al Bayan : Kajian Bhulughul Maram KITAB SHALAT BAB MASJID (Hadits 233)

HidayatullahMakassar.id — Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ». أَخْرَجَهُ الْخَمْسَةُ إلاَّ التِّرْمِذِيَّ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ.

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga orang-orang berlomba dalam kemegahan masjid.” (Dikeluarkan oleh imam yang lima kecuali Tirmidzi. Ibnu Khuzaimah mensahihkannya). [HR. Abu Daud, An-Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Khuzaimah].Sanad hadits ini sahih sesuai syarat Muslim, perawinya tsiqqah (terpercaya).

Faidah Hadits

▪️Kiamat yang dimaksud dalam hadits ini adalah kiamat kubra (kiamat besar). Dan salah satu tanda kiamat adalah ketika setiap orang saling berbangga-bangga dengan bangunan masjidnya yang megah. Mereka beramal membangun masjid, pamer dan mencari popularitas dengan kemegahan masjidnya yang ada.

▪️Hadits ini menjadi dalil tercelanya berbangga-bangga dengan bangunan masjid. Dikhawatirkan perbuatan ini bukan lagi bertujuan akhirat, akan tetapi hanya tujuan dunia.

▪️Hadits ini juga merupakan pelajaran penting bahwa seorang muslim terkadang melakukan perbuatan dalam bentuk yang baik, akan tetapi mereka tidak berhati-hati sehingga syaithan bisa saja menipunya sehingga ia bisa terjerumus kedalam perbuatan beramal bukan karena Allah.

▪️Hadits di atas menetapkan akan terjadinya hari kiamat dan hari perhatian. Ini merupakan perkara agama yang harus diketahui setiap Muslim.
Wallahu a’lam bish shawwab.■ 

—☆☆☆–

■ Oleh: Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar



BACA JUGA