Senin, 6 Desember 2021 | 12:55 Wita

Menjauhi Gambar dan Hiasan yang Mengganggu Khusyu’ dalam Shalat

Editor: Firman
Share

■ Dakwah Al Bayan : Kajian Bhulughul Maram KITAB SHALAT BAB MOTIVASI AGAR KHUSYU’ DALAM SHALAT (Hadits 218)

HidayatullahMakassar.id — Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

وَعَنْهُ قَالَ: كَانَ قِرَامٌ لِعَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا سَتَرَتْ بِهِ جَانِبَ بَيْتِهَا فَقَالَ النَّبيّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَمِيْطِي عَنَّا قِرَامَكِ هَذَا، فَإنَّهُ لاَ تَزَالُ تَصاوِيرُهُ تَعْرِضُ لِي فِي صَلاَتِي». رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ.  وَاتَّفَقَا عَلَى حَدِيثِهَا فِي قِصَّةِ أَنْبِجَانِيَّةِ أَبِي جَهْمٍ، وَفِيهِ: «فَإنَّها ألْهَتْنِي عَنْ صَلاَتِي».

“Aisyah mempunyai tirai yang digunakan untuk menutup samping rumahnya, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Singkirkanlah tirai ini dari kita, karena sungguh gambar-gambar ini menggangguku ketika aku shalat.’” (HR. Bukhari).

Dari Al-Bukhari dan Muslim juga sepakat atas hadits ‘Aisyah tentang kain anbijaniyyah (yang dihadiahkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) dari Abu Jahm. Dalam hadits tersebut disebutkan, “Sesungguhnya ia melalaikan shalatku.” [HR. Bukhari dan Muslim].

▪️Hadits ini memberi petunjuk agar setiap orang yang shalat hendaklah menjauhkan segala hal yang melalaikan dari shalatnya. Misalnya, tirai, ukiran, gambar, tulisan-tulisan, dan hiasan lainnya.

▪️Yang terpenting dalam shalat adalah khusyuk dengan menghadirkan hati, maka hal-hal yang dapat mengganggu kekhusu’an harus ditiadakan

▪️Sebaiknya dihindari di arah kiblat adalah tulisan-tulisan seperti ayat Al-Qur’an, hiasan, dan gambar-gambar lainnya yang bisa melalaikan dari khusyu’ dalam shalat. Karena arah kiblat adalah arah kita menghadap. Imam Ahmad melarang meletakkan sesuatu di depan kiblat, bahkan beliau melarang meletakkan mushaf (Al-Qur’an) di tempat yang dimaksud.

▪️Hadits ini mengindikasikan bahwa pahala shalat seseorang sangat berkaitan erat dengan kekhusyu’an. Seorang yang ingin mendapatkan kekhusyu’an maka hendaklah dia berusaha sedemikian rupa untuk menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu shalatnya.

▪️Hendaklah orang yang shalat melihat ke tempat sujudnya agar supaya tidak terganggu dengan hiasan-hiasan yang ada di tempat dia shalat. Wallahu a’lam bish shawwab

—☆☆☆–

Oleh: Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar



BACA JUGA