Rabu, 17 November 2021 | 12:19 Wita

Pemkot Makassar-DLU Al Bayan Hidayatullah Gelar Pelatihan Pengurusan Jenazah

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Pemkot Makassar dan Departemen Dakwah dan Layanan Ummat (DLU) Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar menggelar pelatihan Pengurusan Jenazah Muslim dan Muslimah.

Pelatihan selama sehari itu dilaksanakan di Masjid Umar Al Faruk Pondok Pesantren Al Bayan Hidayatullah, Makassar Jl Poros BTP, Tamalanrea, Rabu (17/11/2021).

“Pelatihan pengurusan jenazah kali ini materinya seputar soal mengkafanan, memandikan dan mengkafani jenazah dengan pemateri selain kami sendiri juga oleh KH Sudirman,” jelas Ketua Dept DLU Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar, Ust Abdul Qadir bin Mahmud MA.

Untuk lebih efektifnya tercipta pemahaman pengurusan jenazah yang sesuai syariah, pelatihan diselenggarakan dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 dan sesi kedua pukul 13.00 dengan peserta berbeda tiap sesi.

Jumlah peserta dibatasi hanya 40 orang dari perwakilan pengurus majelis taklim dan pengurus masjid se-BTP. Serta utusan Muslimah Hidayatullah (Mushida).

Pelatihan tersebut menurut pihak Pemkot Makassar dinilai penting diselenggarakan mengingat masih banyaknya praktek pengurusan jenazah yang tak sesuai ketentuan syariat.

“Dan yang paling utama alasanya di sejumlah tempat sangat kesulitan didapatkan pihak yang bisa mengurus jenazah,” tambah ust Qadir yang juga merupakan Wakil Ketua I Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Bayan Hidayatullah Makassar tersebut.

Pelatihan berlangsung seru karena banyak peserta yang baru sadar dan mengetahui beberapa praktik penyelenggaraan jenazah yang dicampur dengan budaya dan istiadat yang sesungguhnya tak sesuai sunnah.■



BACA JUGA