Minggu, 7 November 2021 | 14:23 Wita

SMA Buq’atun Mubarakah Pelopor Sekolah Anti Bullying di Sulsel

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — SMAS Buq’atun Mubarakah Pondok Pesantren Darul Aman Gombara menjadi salah satu sekolah swasta dari 6 sekolah swasta di Sulsel yang terpilih untuk mengadakan Program Roots atau Palatihan Pencegahan Perundungan yang diikuti oleh 30 agen perubahan sekolah yang terpilih dari kalangan siswa dan siswa masing-masing 15 orang.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Kemendikbudristek bekerjasama dengan UNICEF Indonesia dan mitra melaksanakan program pencegahan perundungan dan kekerasan berbasis sekolah melalui Program Roots.

Program roots ini merupakan model intervensi berdasarkan bukti ilmiah yang telah dikembangkan untuk mencegah perundungan di sekolah dengan melibatkan siswa sebagai agen perubahan untuk membantu menciptakan iklim yang positif di sekolah.

Setelah mengikuti masa pelatihan kurang lebih dua bulan, 30 siswa agen perubahan telah menerima materi roots dan agenda puncaknya pada kegiatan yang disebut Roots Day yang rangkaikan dengan agenda Deklarasi Sekolah Anti Bullying di SMAS Buq’atun Mubarakah Pondok Pesantren Darul Aman Gonbara, Sabtu (6/11/2021).

Acara puncak Roots SMAS Buq’atun Mubarakah dihadiri oleh Pengawas SMAS Buq’atun Mubarakah Drs Massi MPd, perwakilan dari Kamtibmas Fitrah, Kepala Sekolah SMAS Buq’atun Mubarakah Drs Mashuri MPd, Direktur Pondok Pesantren Darul Aman Gombara HM Yusuf Mantasya Lc serta Ketua Yayasan Buq’atun Mubarakah HM Iqbal Djalil Lc.

Dalam sambutannya Mashuri mengucapkan selamat dan rasa syukur atas terselenggaranya agenda Roots Day ini. “Saya bersyukur kegiatan roots day ini berlangsung dengan lancar dan saya mengucapkan terima kasih kepada fasilatator guru yang telah mendampingi siswa agen perubahan selama ini,” ujarnya.

Massi menyampaikan rasa bangganya terhadap sekolah binaannya yang ikut terpilih menjadi Sekolah Penggerak dan mengikuti Program roots ini.

“Saya bangga sebagai pembina SMA Buq’atun Mubarakah dan saya ucapkan selamat kepada siswa yang mengikuti pelatihan ini, semoga bisa mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam dalam program positif ini,” ucapnya.■



BACA JUGA