Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:05 Wita

Hijab

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Salah satu kewajiban bagi seorang muslimah adalah menutup aurat, yaitu mengenakan pakaian tertutup dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Salah satunya adalah mengenakan hijab dan jilbab. Hal ini bisa digunakan wanita untuk menutup aurat yang seharusnya tidak diumbar. Karena Islam begitu menjaga wanita dari berbagai gangguan dan tegas menerangkan bahwa seluruh tubuh wanita ini adalah aurat kecuali wajah dan kedua telapak tangan.

Seorang wanita muslimah tentu tahu mana saja batasan auratnya. Tentu saja bagian-bagian tubuh yang dianggap sebagai aurat haruslah di tutupi untuk menghindar dari keburukan dan menaati perintah Allah SWT.

Cara seorang muslimah menutup aurat yakni dengan memakai pakaian yang pantas ketika dikenakan alias longgar, serta menggunakan jilbab ataupun hijab.

Nah, pada masa sekarang ini tampaknya ada kecenderungan kesalahpahaman terhadap Islam di tengah masyarakat dalam mendefinisikan hijab.

Jika melihat dari sejarah kata hijab berasal dari “حجاب” yang berarti tiral penghalang atau tabir. Sedangkan di Indonesia hijab seringkali di artikan kerudung atau jilbab. Yuk simak arti hijab ataupun jilbab yang benar sesuai tafsir Al Quran.

1. Hijab
Hijab adalah tirai atau tabir. Sebab banyak orang yang berpendapat seperti memerintahkan wanita-wanita untuk berinteraksi dengan laki-laki di balik hijab. Allah SWT berfirman dalam QS Al-Ahzab ayat 53 yang artinya.

“…..Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi) maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) menyawini isteri-isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah.”

2. Jilbab
Jilbab menurut Imam Quthubi adalah pakaian yang lebih besar ketimbang khimar. Sedangkan menurut Ibnu Abbas dan Ibnu Mas’ud jilbab adalah selendang bahkan ada pula yang menyebut tudung.

Allah berfirman dalam QS. Al-Ahzab ayat 59.
“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah maha pengampun,maha penyayang.”

Kalau di zaman sekarang, kebanyakan orang memahami arti jilbab adalah kain penutup kepala. Namun, penjelasan yang terdapat pada surah tersebut memiliki makna yang lain, yaitu pakaian yang menutupi seluruh tubuh.■



BACA JUGA