Minggu, 26 September 2021 | 13:32 Wita

Pengembangan Area Shalat pada Masjid

Editor: Firman
Share

■ Klinik Griya Islami: Ar. Muaz Yahya, IAI, AA, Prinsipal Arsitek Studio Panrita9 Architecs, Anggota Profesional Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Member of Asean Architect (AA)

HidayatullahMakassar.id — Tanya : Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Masjid kami ini awalnya adalah masjid khusus untuk warga kompleks perumahan. Setelah pelebaran jalan di sisi selatan dan menjadi jalan utama, maka masjid ini ramai disinggahi untuk shalat berjamaah, terutama pada hari jumat dan bulan Ramadhan. Pada sisi selatan terdapat teras yang dapat dijadikan sebagai pengembangan area shalat.  Semoga dapat dibuatkan desain pengembangannya, sehingga jamaah semakin nyaman dalam beribadah. Atas bantuannya diucapkan terima kasih. Wassalam

Panitia Masjid Al Ikhlas, Makassar

Jawab : Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Masjid berasal dari kata sajada yang berarti tempat sujud, sehingga dapat dimaknai bahwa masjid adalah sebuah tempat untuk bersujud umat muslim kepada Allah Subhana wa taalla.

Masjid yang pertama kali dibangun di dunia ialah masjid Quba. Saat itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Washallam dalam perjalanan hijrah dari Mekkah menuju Madinah, kemudian Nabi mendirikan masjid untuk pertama kalinya di perkampungan Quba. Masjid yang dibangun pada 8 Rabiul Awwal atau 23 September 622 Masehi ini memiliki sejarah penting bagi perkembangan umat muslim.

Masjid sebagai Baitullah, memiliki fungsi dan peranan penting bagi umat muslim. Fungsi masjid yang paling utama ialah sebagai tempat bersujud atau beribadah kepada Allah SWT.

Sebagaimana Allah SWT berfirman yang artinya: “Bertasbihlah kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya pada waktu pagi dan petang, orang-orang yang tidak dilalaikan oleh perniagaan, dan tidak (pula) oleh jual-beli, atau aktivitas apapun dan mengingat Allah, dan (dari) mendirikan shalat, membayarkan zakat, mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi guncang.” (QS An-Nur: 36-37)

Selain fungsi utamanya tersebut, masjid memiliki fungsi lainnya yang berperan penting dalam perkembangan umat muslim. Beberapa di antaranya yaitu sebagai pusat pendidikan, tempat untuk bermusyawarah, tempat berlindung ketika terjadi bencana atau musibah, masjid menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan sebagai tempat perlindungan dan masjid dapat dimanfaatkan oleh para musafir untuk beristirahat.  Setiap muslim akan merasa aman dan tentram ketika berada di dalam masjid.

Di samping itu, Allah SWT juga memberikan petunjuk bagi setiap muslim agar memakmurkan masjid sesuai firman Allah yang artinya :

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS Al-Taubah: 18).

Saya sudah beberapa kali mampir di masjid ini, kondisinya memang sudah tidak dapat menampung jamaah pada shalat.  Pengembangan area shalat yang ideal pada sisi selatan masjid. Dengan membuat dinding baru yang sejajar dengan area tempat wudhu, maka kapasitas daya tampung jamaah sudah memadai. Dinding lama sebaiknya dibongkar agar ruang shalat tambahan yang baru ini menyatu dengan ruang shalat yang lama. Sekat pemisah jamaah wanita tetap dipertahankan. Area mihrab disarankan untuk diperluas, sehingga tempat Imam dan Mimbar Masjid terasa lapang.

Mengantisipasi semakin bertambahnya jamaah yang mampir shalat, maka sebaiknya pengurus masjid sudah mempersiapkan struktur bangunan menjadi dua lantai dengan pola mezanin. Dengan demikian maka pada saat penambahan lantai dua nanti, tidak banyak menggangu aktifitas ibadah dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Semoga dengan pengembangan masjid ini semakin memiliki peranan penting dalam membangun karakter dan identitas umat muslim serta memberi kemaslahatan umat islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.■

*) Simak pula bincang podsact Klinik Griya Islami Mewujudkan Hunian Impian di chanel Youtube Albayan Media TV. Konsultasi dan pertanyaan melalui Redaksi HidayatullahMakassar.id di 0821 9146 0550 (hanya WA) email [email protected]



BACA JUGA