Minggu, 8 Agustus 2021 | 10:37 Wita

Agar Rumah Sederhana Terasa Lapang

Editor: Firman
Share

■ Klinik Griya Islami: Ar. Muaz Yahya, IAI, AA, Prinsipal Arsitek Studio Panrita9 Architecs, Anggota Profesional Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Member of Asean Architect (AA)

 

HidayatullahMakassar.id — Tanya : Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Terima kasih atas hadirnya Klinik Griya Islami ini. Saya memiliki kavling siap bangun ukuran 9 x 15 m pada kawasan perumahan yang sedang berkembang. Ingin dibuatkan rumah yang sederhana saja dengan kebutuhan ruang antara lain : ruang tamu, ruang keluarga/ruang makan, ruang tidur utama dan 2 buah ruang tidur, KM/WC, dapur dan teras (muka dan belakang). Selain sederhana, kami menginginkan rumah tersebut kelihatan lapang. Terima kasih

 

Wassalam

 

Ust. Rasyid Ridho – Gunung Tembak, Balikpapan

 

 

Jawab :

 

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Terima kasih juga Ustaz telah berkonsultasi di Klinik Griya Islami. 

 

Siap Bangun artinya kavling  tersebut sudah siap digunakan untuk mendirikan rumah atau bangunan di atasnya. Kemudian pengertian Rumah Sederhana menurut peraturan pemerintah adalah rumah yang tidak bersusun/berlantai  dengan luas lantai bangunan tidak lebih dari 70m2 yang dibangun di atas tanah dengan luas kavling 54-200m2.

 

Ada juga istilah Rumah Sederhana Sehat yaitu rumah yang dibangun dengan menggunakan bahan bangunan dan konstruksi sederhana. Namun, masih memenuhi standar kebutuhan minimal dari aspek kesehatan, keamanan dan kenyamanan. Rumah sederhana sehat dibangun dengan mempertimbangkan dan memanfaatkan potensi lokal.

 

Luasan kavling yang dimiliki, sangat memungkinkan untuk mendesain kebutuhan ruang yang diinginkan. Teras depan dan ruang tamu dibuat menyatu yang menjadi area umum.

 

Ruang tidur utama yang dilengkapi KM/WC sendiri  dan 2 buah ruang tidur dengan KM/WC bersama ditempatkan pada sisi luar agar dapat memperoleh pencahayaan alami dan sirkulasi udara secara langsung. Ini menjadi syarat utama rumah sehat. 

 

Ruang keluarga yang memanjang sebagai area penyatu semua ruang di sekelilingnya sebagai titik orientasi kegiatan di dalam rumah. Ruang keluarga yang memanjang ini akan memberikan kesan yang lapang pada rumah ini. Apalagi kalau plafond pada ruang keluarga ini dibuat lebih tinggi atau mengikuti kemiringan atap, maka kesan lapangnya akan semakin terasa.

 

Dapur ditempatkan di area belakang yang juga memperoleh pencahayaan alami dan sirkulasi udara secara langsung. Dapur ini dilengkapi teras yang dapat berfungsi sebagai area khusus akhwat dengan akses khusus dari halaman depan. Sisa lahan kavling selebar 3 meter diperuntukkan sebagai area pengembangan rumah tumbuh sehat ini. 

 

Agar rumah sederhana yang sehat ini semakin kelihatan lapang, maka disarankan untuk memilih perabot yang sederhana pula. Semoga bermanfaat. 

 

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.■

 

*) Simak pula bincang podsact Klinik Griya Islami Mewujudkan Hunian Impian di chanel Youtube Albayan Media TV. Konsultasi dan pertanyaan melalui Redaksi HidayatullahMakassar.id di 0821 9146 0550 (hanya WA) email [email protected]



BACA JUGA