Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:42 Wita

Gelar Pelatihan Hypnoteaching, Yayasan Albayan Terus Pacu Kualitas Guru Albayan Islamic School

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Departemen Tarbiyah Yayasan Albayan Hidayatullah Makassar terus mendorong peningkatan kualitas para guru semua unit Albayan Islamic School.

Sejumlah pelatihan peningkatan kapasitas dan skill tenaga pendidik TK Al Wildan, SD, SMP dan SMA Integral Hidayatullah Makassar rutin dilaksanakan. Salah satunya pelatihan Hypnoteaching for Great Teacher: Menjadi Guru yang Menghipnotis”, Sabtu (31/7/2021) pagi tadi.

“Alhamdulillah ini salah satu rangkaian pelatihan yang kami agendakan untuk meningkatkan kualitas guru dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan semangat belajar siswa maupun kualitas anak didik/santri,” jelas Kepala Departemen Tarbiyah Yayasan Albayan Hidayatullah Makassar, Ust Muh Arfah SPd MM.

Pelatihan hypnoteaching tersebut menghadirkan narasumber seorang trainer nasional dan motivator pendidikan Afif Hidayatullah SE SPd MAk CHT CNNLP CSTMI.

Salah satu methode praktis yang disampaikan yakni mengajar dengan menggunakan metode Building Raport atau langkah dasar dalam membangun komunikasi.

Untuk penerapan building raport  tersebut menurut Afif, para guru sebaiknya melakukan beberapa ikhtiar dan langkah mulai dari mengucapkan salam dengan penuh ikhlas, fokuskan pandang kita pada siswa dengan penuh cinta kasih.

Kedua menciptakan suasana yang bahagia sehingga vibrasi kebahagiaan dapat dirasakan oleh siswa. Juga memberikan pujian serta menanyakan kabar siswa.

“Keempat jadikan diri kita masuk dalam dunia mereka. Ceritalah bersama mereka sesuai dengan hoby mereka. Dan buatlah para siswa kagum terhadap kita sebagai pengajar dan ciptakan hal humor kepada siswa,” tuturnya.

“Insyallah jika para guru di Albayan Islamic School (TK, SD, SMP, SMA Intergral Albayan) mampu menerapakn methodelogi pengajaran yang dilatihkan kami yakin kualitas siswa dan santri dari Albayan Islamic School yang berkarakter qurani akan terwujud,” tambah Arfah.■ Abdul Hakim



BACA JUGA