Rabu, 28 Juli 2021 | 21:33 Wita

Ada Beasiswa bagi Santri Tahfizh Hidayatullah Makassar Kuliah Kebidanan di UIT

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Pesantren Hidayatullah Makassar menjajaki kerjasama dengan Universitas Indonesia Timur (UI) Makassar.

Rencana kerjasama itu digagas dari kunjungan pengurus Yayasan AlBayan Hidayatullah Makassar kepada Rektor UIT Dr A Maryam SST, SKM, MKes di rektorat kampus UIT, Makassar, Rabu (28/7/2021).

Ketua Yayasan Albayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fattah MM didampingi Sekretaris Yayasan Albayan Ust Jumaruddin, Kadept Dakwah dan Layanan Ummat Ust Abd Qadir Mahmud MA, dan Kadept Tarbiyah Ust Moh Arfah MM diterima oleh Rektor UIT yang didampingi Wakil Rektor I UIT Suriati SAg MSi MKes dan Wakil Rektor II UIT Hj. Lismayana, SSos MSi.

Dari silatirahim tersebut direncanakan kedua lembaga menjalin kerjasama untuk kemudahan santri melanjutkan pendidikan, “Insyallah pihak UIT antusias menawarkan program kerjasama berupa beasiswa studi santri tahfidz Hidayatullah Makassar untuk kuliah di program keperawatan dan kebidanan UIT,” jelas Ust Suwito.

Selain itu digagas pula klinik pesantren untuk melayani masyarakat. “UIT siap membantu dan berkolaborasi dengan Pesantren Hidayatullah Makassar,” ujar Maryam.

Sebelumnya, Yayasan Albayan kampus utama Hidayatullah Makassar juga menggagas kerjasama strategis dengan Universitas Negeri Makassar (UNM).

Beberapa hal yang disepekati dan segera akan dituangkan dalam MoU kerjasama antara Pesantren Hidayatullah Makassar dan UNM di antaranya kesediaan pihak UNM memberikan fasilitas bebas tes masuk UNM bagi santri tahfizh Albayan Islamic School melalui program tahfizh.

Rektor UNM Prof Dr H Husain Syam M TP juga akan memprogramkan program mengajar mahasiswa UNM semester akhir di SMA Integral Albayan untuk jurusan IPA dan Bahasa.

“Ini akan menjadi program-program dan dukungan kongkrit dari UNM dalam menciptakan santri-santri kami yang bukan saja memiliki aqidah dan akhlak sesuai tuntunan quran dan hadits tapi memiliki wawasan dan kemampuan keilmuan umum yang dibutuhkan ummat,” ujarnya.

Bukan itu saja. UNM akan mensuport ikhtiar Yayasan Albayan dalam peningkatan mutu pembelajaran di semua jenjang pendidikan yang diselenggarakan, mulai dari TK, SD, SMP dan SMA.

Yang tak kalah membanggakan, Rektor UNM juga menawarkan program beastudi dan rekomendasi lanjut jenjang pendidikan S2 dan S3 untuk guru-guru di Yayasan AlBayan. ■ fir



BACA JUGA