Selasa, 29 Juni 2021 | 06:54 Wita

Semuanya akan Mendapatkan Ganjaran

Editor: Firman
Share

Oleh : Akib Junaid Qahhar, Dai Hidayatullah

HidayatullahMakassar.id — Allah ta’alla berfirman

ٱلَّذِی خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَیَوٰةَ لِیَبۡلُوَكُمۡ أَیُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلࣰاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِیزُ ٱلۡغَفُورُ.

Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalannya.

وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَیۡرِ فِتۡنَةࣰۖ وَإِلَیۡنَا تُرۡجَعُونَ.

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.

Penggalan ayat kedua surah Al-Mulk dan ayat 35 Surah Al-Anbiya, memberikan penegasan, bahwa kehidupan manusia di dunia ini adalah ujian yang tidak akan berkesudahan. Terlepas dari apa yang kita alami, semuanya menuntut penyikapan yang benar, agar seseorang dinyatakan lulus atas ujian diberikan.

Kesulitan hidup mendera dengan aneka ragam bentuknya, menuntut kesabaran yang terejawantah atas segala sikap (ucapan maupun tindakan), jangan memberi ruang sedikitpun, yang bisa terbaca kalau ada kesan menganggap Allah telah berlaku dzalim, dan jauh lebih aman untuk melakukan introspeksi, guna mencari tahu letak kekeliruan, untuk kemudian melakukan perbaikan.

Kenikmatan senantiasa menghiasi perjalanan, tentu tak sebatas disikapi dengan suka cita, ditandai dengan senyuman senantiasa merekah, tapi justru mawas diri perlu ditingkatkan, kalau-kalau kita terpeleset dibuatnya, bukankah orang tenggelam karena dia berada di tempat yang basah.

Kegemaran berbagi, tentu adalah sikap mulia, sebab dermawan merupakan perilaku yang sangat dianjurkan, namun kekayaan dimiliki, semuanya akan diverifikasi secara detail, untuk apa saja harta itu digunakan, apa lagi kalau proses mendapatkannya melalui prosedur tak wajar, nau’dzubillah bila sudah sangat nyata penyimpangannya.

“Bersedekah” adalah salah satu alat jitu yang bisa dimanfaatkan oleh iblis, guna menutupi niat asli melatari, baik sebagai pencitraan untuk menjadi batu loncatan ke tempat lebih tinggi, minimal mempertahankan zona nyaman yang sudah dalam genggaman, bisa juga menjadi kamuflase atas sekian banyak pundi-pundi sudah diamankan.

Sungguh… tak akan ada secuilpun yang lolos dalam pantauan, semuanya akan mendapatkan ganjaran, sesuai dengan hasil evaluasi atas penyikapan kita terhadap semua ujian.■



BACA JUGA