Selasa, 22 Juni 2021 | 06:05 Wita

SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Wisuda Angkatan II dan III Tahun 2021

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam mencegah penyebaran virus corona di masa pandemi, sebanyak 35 siswa Angkatan Ke-2 Rextrous tahun 2020 dan 47 siswa Angkatan ke-3 Hivergos kelas 12 tahun ini SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa, mengikuti wisuda pada Minggu (20/06/2021) pagi, di Gedung Aula Sang Surya Pusdiklat Unismuh Makassar.

Sekolah Menengah Atas Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa untuk kedua kalinya kembali melepas alumni kedua dan ketiganya. Angkatan sebelumnya Angkatan Ke-2 tidak sempat mengikuti wisuda karena dalam masa pandemi covid-19 di tahun 2020. Meskipun tahun ini masih dalam masa pandemi, wisuda tetap dilaksanakan tatap muka terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. Penamatan ini dirangkaian dengan penyambutan peserta didik baru.

Pada kegiatan ini, beragam kreasi seni peserta didik aktif ditampilkan. Peserta didik aktif pun tidak kalah luar biasanya dengan menampilkan berbagai hiburan pertunjukan yang membuat para tamu hadirin berdecak kagum dan terhibur, yang dilatih dan dibimbing langsung oleh Mr. Karim, guru Bahasa Inggris sekaligus menjabat Wakasek Humas dan Pembina Komunitas Seni SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. Hiburan yang di pertontonkan seperti dance kolaborasi, musikalisasi puisi, paduan suara, tarian tradisional, tarian kreasi, dan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina, Ketua KB PII Sulawesi Selatan, Ketua Yayasan, Direktur & Direktur 1 SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Pengawas Bina Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Dewan guru dan karyawan SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Ketua Komite, Kepala Puskesmas Pattallassang, Kabid Perhubungan Dishub Kabupaten Gowa, Ikatan Alumni, Bapak dan Ibu Orang Tua Wisudawan dan Wisudawati serta Calon Peserta Didik Baru.

Kepala SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Mustakim M. menyampaikan sekolah yang dipimpinnya itu mulai beroperasi 2016 lalu. Pada tahun 2021 ini angkatan Ke-3 yang akan dilepas, siswa telah menorehkan banyak prestasi misalnya Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi bidang Geografi beberapa waktu lalu, Juara Volley Ball tingkat Pelajar se-Sulawesi Selatan, Juara Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional, Runner Up II Duta Pelajar Sulawesi Selatan dan masih banyak lagi. Dan juga angkatan Ke-2 merupakan siswa-siswi yang menjadi pionir festival-festival kesenian di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf. Hal tersebut tidak terlepas dari bimbingan dan atmosfer kompetisi angkatan sebelumnya.

Apresiasi dan mengajak bersyukur atas prestasi dan keberhasilan para siswa-siswi terutama kelas 12 dalam mengikuti proses pendidikan dan pengajaran di SMA Insan Cendekia Syech Yusuf selama tiga tahun. Beliau juga mengucapkan selamat atas capaian kelas 12 yang telah lulus di perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN sebanyak 6 orang dan 8 orang lulus jalur SBMPTN serta 2 orang lulus jalur pretasi di perguruan tinggi lainnya. Tak lupa juga Kepala Sekolah memberi doa dan semangat untuk seluruh siswa kelas 12 yang masih berjuang mengikuti seleksi perguruan tinggi. tambahnya.

Ketua Umum KB PII Sulsel, Syaiful Kasim, melanjutkan, ia sangat bersyukur sekolah yang dirintis susah payah itu dijadikan pilot project kelembagaan secara nasional oleh pengurus besar KB PII. Beberapa daerah juga sudah mengikuti dan merintis membuat sekolah serupa.

Ketua Dewan Pembina SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Prof Arismunandar dalam sambutan khususnya mengaku ikut mengapresiasi, berbangga. Mantan Rektor UNM itu mengatakan, sebagai sekolah yang bercita-cita besar, tentu yang utama adalah penguatan kurikulum.Kita ini sudah luar biasa. Di Sulsel, sebagai sekolah baru tidak ada yang jumlah gurunya sampai 32 orang.

“Kemudian, saya minta siswa tak boleh ada lebih dari 25 orang dalam satu kelas. Dengan keunggulan dimiliki SMA Insan Cendekia Syech Yusuf adalah sekolah berbasis Boarding School yang mampu mengintegrasikan pembelajaran pengetahuan dan pembelajaran budi pekerti. Jangan bangga sama sekolah berakreditasi A sebelum mampu membuat Boarding School karena dengan boording bukan hanya akademik yang dibentuk, akan tetapi karakter bisa dibentuk selama 24 jam,” jelasnya.

Prof Arismunandar mengatakan mau proses pendidikan di SMA ICSY semakin baik. Katanya prestasi itu adalah hasil, tetapi yang paling penting adalah proses menuju prestasi tersebut. Bagi siswa yang gagal jangan berhenti berjuang karena kegagalan-kegagalan akan menemukan banyak pintu kesuksesan kedepannya. Beliau juga menyampaikan pesan harapan dan cita-citanya kepada para wisudawan/i lulusan siswa kelas 12, agar kelak para alumni mampu menjadi pemimpin dimasa depan dan selalu menjaga nama baik almamater tercinta SMA Insan Cendekia Syech Yusuf.

Acara wisuda ini berlangsung khidmat dan meriah meskipun di tengah keterbatasan masa pandemi Covid-19.■ rls