Sabtu, 24 April 2021 | 09:42 Wita

Syarat Bagi Seorang Wajib Zakat ?

Editor: Firman
Share

■ Konsultasi Ramadhan : Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — Tanya
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Syarat harta yang dizakati adalah nishab dan haul. Lalu apa syarat bagi seorang yang wajib zakat ?. Terimakasih atas jawabannya
Dari: Mail di Luwu

Jawab
Bismillah. Bismillah.Syarat-syarat wajibnya mengeluarkan zakat adalah sebagai berikut:

1. Islam
Islam menjadi syarat kewajiban mengeluarkan zakat. Kewajiban zakat, setelah seseorang menerima dua kalimat syahadat dan kewajiban shalat. Hal ini tentunya menunjukkan, bahwa orang yang belum menerima Islam tidak berkewajiban mengeluarkan zakat .

2. Merdeka
Tidak diwajibkan zakat pada budak sahaya (orang yang tidak merdeka) atas harta yang dimilikinya, karena kepemilikannya tidak sempurna. Demikian juga budak yang sedang dalam perjanjian pembebasan (al mukatib), tidak diwajibkan menunaikan zakat dari hartanya, karena berhubungan dengan kebutuhan membebaskan dirinya dari perbudakan.

3. Berakal dan Baligh
Berkaitan dengan permasalahan zakat harta anak kecil dan orang gila masih diperselisihkan. Dan yang rajih (kuat), keduanya tidak diwajibkan mengeluarkan zakat. Akan tetapi kepada wali yang mengelola hartanya, diwajibkan untuk mengeluarkan zakatnya, karena kewajiban zakat berhubungan dengan hartanya.
Wallahu a’lam bish-shawab.■



BACA JUGA