Selasa, 20 April 2021 | 16:10 Wita

Dirimu Kelak Bagaimana Menghadapi Masalahmu Sekarang

Editor: Firman
Share

Oleh : Rihlah Al Hikmah, Santri Ponpes Putri Albayan Hidayatullah

HidayatullahMakassar.id — Terdapat sebuah kisah inspiratif. Pada suatu ketika ada seorang anak laki-laki yang memiliki masalah dalam kesehariannya, dengan teman-temannya di sekolahnya. Dan menceritakan kepada ayahnya yang merupakan seorang koki.

Tanpa banyak bicara si ayah mengajak anak lelaki tersebut menuju dapur. Anak lelaki tersebut bingung namun tetap mengikuti ayahnya. Si ayah lalu mengambil 3 panci yang diisi air, lalu setelah mendidi ayah anak lelaki tersebut memasukkan telur, wortel, dan teh pada masing-masing panci dan menunggunya hingga matang.

Setelah itu si ayah tersebut mengeluarkan isi dari masing-masing panci dan mengatakan pada anaknya, “Nak perhatikanlah panci yang aku isi dengan telur, wortel dan teh ini. Tiga benda yang dimasak ini gambaran dirimu dengan masalah-masalah mu.”

Si ayah menuturkan telur, wortel, dan teh ibarat dirimu sebelum dimasukkan ke air mendidih, dan air mendidih ini ibarat masalah yang engkau hadapi saat ini.

“Sekarang adalah saatnya kamu memilih akan menjadi apa dari ketiga benda ini apakah kamu akan menjadi  telur yang setelah di rebus menjadi keras, atau wortel setelah direbus menjadi lembek, atau teh yang mengubah warna air tersebut,” tanya ayah.

Anak lelaki tersebut terdiam dan memahami apa yang disampaikann oleh ayahnya bahwa bagaimana ia kedepannya adalah tergantung bagaimana ia menyikapi masalahnya saat ini.■

*) Catatan di Mushollah Ponpes Putri Albayan, 20 April 2021.
Disusun oleh santri Ponpes Putri Albayan Hidayatullah Makassar: Rihlah Al Hikmah, Nur Aisayah, Fatimah, Mirah.



BACA JUGA