Jumat, 16 April 2021 | 13:32 Wita

Zakat atau Sedekah ?

Editor: Firman
Share

Konsultasi Ramadhan : Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

HidayatullahMakassar.id — Tanya

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Dalam al-Qur’an zakat disebut dengan kata sedakah, bagaimana penjelasan istilah tersebut ustadz ? syukran.
Dari: Riswan di Makassar

Jawab

Bismillah. Kata sedekah dalam banyak dalil memiliki makna yang sama dengan kata zakat, sebagaimana disebutkan pada QS. At Taubah : 103 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.”

Perlu difahami bahwa makna zakat secara syar’i  adalah sejumlah harta yang telah ditentukan jenis,  kadar, dan wajib dibayarkan kepada yang berhak menerimanya dan pada waktu yang telah ditentukan pula.

Dari  keterangan ini,  berarti zakat tidak mencakup segala macam harta secara umum, melainkan hanya harta tertentu yang telah ditetapkan berdasarkan nash-nash syara’ yang khusus, seperti emas, perak, onta, domba, dan sebagainya.

Adapun sedekah berdasarkan kebiasaan para fuqaha dalam kitab fiqh, jika disebut istilah shadaqah secara mutlak, maka yang dimaksudkan adalah shadaqah dalam arti pemberian harta kepada orang-orang fakir, ataupun pihak lain yang berhak menerima shadaqah.

Shadaqah ini hukumnya adalah sunnah, bukan wajib, dan para fuqaha menggunakan istilah shadaqah tathawwu’. Bahkan dalam beberapa hadits nabi, kata sedekah memiliki makna yang lebih luas. Sedekah kadang digunakan untuk menyebut segala bentuk amal baik yang berguna bagi orang lain atau bahkan bagi diri sendiri.
Wallahu a’lam bish shawwab
—☆☆☆–

Untuk menikmati sajian berseri Konsultasi Ramadhan ini, serta info dan artikel dakwah lainnya, silahkan bergabung di

Group
WA: Dakwah Al Bayan. Klik https://chat.whatsapp.com/HBSbB3fZ1Uk6fk71SkBm0Z. Telegram: https://t.me/hidmanews Facebook: Albayan Media Corp ( @albayanmediacorp )

Simak pula di Portal: www.hidayatullahmakassar.id YouTube: Al Bayan Media TV https://youtube.com/chhannel/UC83a_coR66ZBb6fRxjKGyIA

Konsultasi & Pertanyaan ke 085255799111

Sebarkan! Semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin



BACA JUGA