Kamis, 15 April 2021 | 09:44 Wita

Makna Infaq Yang Sebenarnya

Editor: Firman
Share

Konsultasi Ramadhan : Ust Abdul Qadir Mahmud MA, Kadep Dakwah & Pelayanan Ummat Yayasan Al Bayan Hidayatullah, Makassar

Tanya
Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pak ustadz, Apa sebenarnya makna infak, karena dalam Al-Qur’an orang kafir disebut juga menginfakkan hartanya. Terimakasih atas jawabannya

Dari: Hamba Allah di Makassar

Jawab

Bismillah. Hamba Allah dan pembaca dimanapun berada. Kata infak dalam Al-Quran, hadits dan juga budaya ulama memiliki makna yang cukup luas, karena mencakup semua jenis pembelanjaan harta kekayaan, baik tujuan yang dibenarkan secara syariat ataupun diharamkan, semuanya disebut dengan infak.

Ini sesuai dengan firman Allah yang menyebutkan bahwa orang-orang kafirpun meng “infak” kan harta mereka : “Sesungguhnya orang-orang yang kafir menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. ……” (Qs. Al Anfal : 36).

Oleh karena itu pada banyak dalil perintah untuk berinfak disertai dengan penjelasan infak di jalan Allah. Adapun infak di jalan Allah sering digunakan dalam Al Qur’an dan Hadits untuk beberapa hal, diantaranya :
Pertama : Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan, yaitu zakat. Infak dalam pengertian ini berarti zakat wajib.

Kedua : Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan selain zakat, seperti kewajiban seorang suami memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya. Kata infak disini berubah menjadi nafkah atau nafaqah.

Ketiga : Untuk menunjukkan harta yang dianjurkan untuk dikeluarkan, tetapi tidak sampai derajat wajib, seperti memberi uang untuk fakir miskin, menyumbang untuk pembangunan masjid atau menolong orang yang terkena musibah.
Wallahu a’lam bish shawwab
—☆☆☆–

Untuk menikmati sajian berseri Konsultasi Ramadhan ini, serta info dan artikel dakwah lainnya, silahkan bergabung di

Group
WA: Dakwah Al Bayan. Klik https://chat.whatsapp.com/HBSbB3fZ1Uk6fk71SkBm0Z. Telegram: https://t.me/hidmanews Facebook: Albayan Media Corp ( @albayanmediacorp )

Simak pula di Portal: www.hidayatullahmakassar.id YouTube: Al Bayan Media TV https://youtube.com/chhannel/UC83a_coR66ZBb6fRxjKGyIA

Konsultasi & Pertanyaan ke 085255799111

Sebarkan! Semoga menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin



BACA JUGA