Rabu, 25 November 2020 | 16:00 Wita

Dewan Murabbi Wilayah Sulawesi Dilantik, Kawal Ekspansi dan Kualitas Kader Hidayatullah

Editor: Firman
Share

Dr H Tasyrif Amin MPdI

HidayatullahMakassar.id — Ketua Dewan Murabbi Pusat Hidayatullah Ust Dr H Tasyrif Amin MPdI melantik Dewan Murabbi Wilayah (DMW) se-Sulawesi di Masjid Umar Al Faruq Yayasan Al Bayan, Hidayatullah, Makassar, Rabu (25/11/2020).

Dewan Murabbi merupakan struktur kelembagaan baru di Hidayatullah yang dibentuk hasil Musyawarah Nasional (Munas) V Oktober lalu di Depok.

Ust Tasyrif menjelaskan visi Hidayatullah itu mendorong terbentuknya peradaban Islam dengan ummat yang memanivestasikan ajaran quran maupun sunnah dan bagaimana agar Islam unggul dan menghegomoni.

“Hidayatullah telah melewati tahapan mewujudkan visi tersebut yang dimulai dari keluarga dan komunitas. Keberadaan struktur pengurus di 354 kabupaten/kota dan 586 ponpes merupakan infrastruktur luar biasa, bersama amal usaha dan sumber daya insani yang dimiliki,” urainya.

Lebih rinci ia menjelaskan, ada tiga pilar terbentuknya peradaban Islam yakni idiologi, kepemimpinan dan ekspansi. “Hidayatullah melakukan ekspansi dakwah dalam bingkai manhaj dan kepemimpinan. Hal inilah yang akan dikawal oleh Dewan Murabbi (DM) sebagai pencerah dan pengawal nilai spiritual,” urainya.

Dalam ikrar pelantikan ketua dan anggota DMW, terungkap bahwa DMW harus siap mengoptimalkan peran instruktur dan murabbi dalam menggerakkan marhalah dan halaqah, serta menghidupkan Gerakan Nawafil Hidayatullah.

Juga harus mendorong akselerasi dakwah dan rekruitmen anggota melalui Gerakan Dakwah Hidayatullah berbasis halaqah.

“Dengan tugas yang ditetapkan untuk DMW maka posisi DMW berwibawa dan rawan. Karena jika pengurus menyimpang maka akan diminta pertanggungjawaban DMW. Integritas dan kultural pengurus dan kader yang dijaga DMW. Sedangkan pengurus pikirkan infrastruktur dakwah dan tarbiyah,” tuturnya.

Maka keberadaan DMW, tegas Tasyrif, saling melengkapi dan setingkat dengan dewan pengurus wilayah (DPW).

Berikut susunan lengkap ketua dan anggota DMW se-Sulawesi yang dilantik :

DMW Sulawesi Tengah: Ustadz Ahmad Arsyad (ketua), Ustadz Muhammad Ali Murtadha dan Ustadz Abd Hafid.

DMW Sulawesi Tenggara: Ustadz Ahmad MS (ketua), Ustadz Ahmad Suharman SPd.I dan Ustadz Drs Mustamir.

DMW Sulsel: Ustadz Ir Abdul Majid MA (ketua), Ustadz Drs Ismail Mukhtar dan Ustadz Dr Misjaya Muhammad Khairun MPd.I.

DMW Sulawesi Barat: Ustadz Drs Muhammad Naim Tahir (ketua), Ustadz Abdul Rahman Hasan, SPd.I dan Ustadz Muhajirin Bukhari.■ fir



BACA JUGA