Minggu, 15 November 2020 | 20:24 Wita

21 Santri SMK Islam Hidayatullah Masamba Laksanakan PKL Dakwah dan Tarbiyah di Masyarakat

Editor: Firman
Share

LUWU UTARA, HidayatullahMakassar.id — Pesantren Hidayatullah Masamba, Luwu Utara menugaskan 21 santrinya untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Santri kelas 3 SMK Islam Hidayatullah tersebut didistribusi ke beberapa lokasi PKL di sekitar Masamba.

“Untuk putra, sebarannya dua tempat. Di Uraso dan di Meli,” jelas Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah Masamba Ust Ilham Syawal. Sedangkan di Dusun Harapan Baru, Desa Uraso, Mapoideceng, santri PKL ditempatkan di kampus Tahfizh Hidayatullah, Uraso.

Selain memperlancar dan menambah hafalan sebagai bagian dari target hafalan yang diwajibkan sekolah, para santri PKL juga diajak terlibat langsung dalam pembangunan sarana pendidikan di kampus yang baru berdiri tersebut.

“Kalau sore, mereka juga ke masjid Uraso, untuk mengajar mengaji anak-anak TPA,” jelas Ust Syawal.

Setelah Uraso, titik berikutnya adalah lokasi kamp pengungsian warga Meli, Baebunta, Luwu Utara.

“Santri yang di Meli, tugasnya adalah pelayanan kemanusiaan. Di antaranya, mengelola ketersediaan air bersih, listrik, dan mengaktifkan masjid,” tambahnya.

Selain itu, jelas Ust Syawal, setiap sore santri PKL juga menerima permintaan dari para ibu warga pengungsi untuk belajar membaca alQuran, selain selama ini diperuntukkan bagi anak-anak.

Setiap Senin, Rabu dan Sabtu, anak-anak para pengungsi dikumpulkan khusus belajar alQuran. Mereka diajari oleh santri putri PKL. Sehingga membuat para ibu juga ingin belajar Alquran.

“Untuk putri, kami sebar di empat titik. Tiga di titik pengungsian satunya membina TPA di pondok Masamba. Ada di Meli, di Penampung, dan di Petambua,” jelas Ustadz Syawal.

Menurut Kepala SMK Islam Hidayatullah Masamba,ustadz Amrullah, seluruh santri kelas 3 diwajibkan mengikuti program PKL, setiap tahunnya.

“Tahun-tahun sebelumnya, kami sebar ke daerah. Tapi berhubung ada Covid-19, tahun ini kita fokuskan di Luwu Utara saja,” jelas alumnus UIN Palopo tersebut.■ miqdad



BACA JUGA