Rabu, 15 Juli 2020 | 17:18 Wita

Viral Cerita Ponpes Hidayatullah Masamba Selamat dari Banjir Bandang

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Sebuah status ditulis seorang keluarga santri bercerita tentang pelindungan Allah ta alla bagi santri dan Ponpes Hidayatullah Masamba mendadak viral, di balik Musibah banjir bandang menerjang Kota Masamba, Luwu Utara.

Echa Kartini Bassiang dalam statusnya Selasa (14/7/2020) tadi malam menulis Ponpes Hidayatullah yang tepat berada di jalur terjangan banjir tak dimasuki banjir lumpur tersebut.

Echa bertutur, “Bukti kekuasaan Allah,  keponakanku wulandari (anaknya adeku sultan) yang dari Palopo, mondok di Hidayatullah Masamba lokasinya di samping jembatan lorong dikit masuk, bercerita, pesantrennya “tidak tersentuh air sama sekali” sementara rumah di sekelilingnya air sudah sampai atap padahal rumah itu lebih tinggi daripada pondok, air seperti disetir untuk tidak menyentuh pondok…Masya Allah,”

Menurut keponakannya, ia bersama para santri Hidayatullah Masamba saat kejadian mereka pasrah karena tidak tahu mau kemana.

“Ustadza kumpulkan santrinya lalu berzikir bersama..karena tidak tahu mau lari ke mana, pertolongan Allah datang, pesantren seperti ditembok keliling oleh Allah,” urai Echa pada status yang baru 17 jam diposting tapi wltelah dibagikan hingga 11.264 kali oleh netizen.

Lokasi Ponpes Hidayatullah Masamba

Echa menjelaskan, selamatnya Ponpes Hidayatullah Masamba sesuatu yang mengherankan karena ada juga beberapa santri jadi korban dari pondok santri yang lain. “Karena Masamba memang ada beberapa pesantren. Ini kisah nyata bukan sinetron. Mari Istiqomah,” tambahnya dalam status yang telah direspon 10.132 kali itu.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Luwu Utara yang membawahi pengelolaan Ponpes Hidayatullah Masamba, Ilham Syawal menjelaskan keadaan Ponpes Hidayatullah Masamba memang dalam keadaan baik dan aman saja.

“Keadaan pondok baik saja, memang saat malam kejadian banjir menerjang sempat membuat pengurus dan pengasuh di pondok tegang karena hanya jarak 100 m dari jalur banjir di jalan masuk di depan dan perumahaan warga di belakang pondok air lumpur sangat tinggi,” jelasnya.

Ilham mengatakan, keadaan yang dialami Ponpes Hidayatullah Masamba berkat doa semua pihak. “Keadaan sehat semua, pondok dalam keadaan aman,” tambahnya. Pihaknya juga saat ini terut membantu melakukan evakuasi korban.

Ilham Syawal, Ketua DPD Hidayatullah Luwu Utara

TASK Hidayatullah

Saat ini Tim Aksi Siaga Kemanusiaan (TASK) Laznas BMH bersama SAR Hidayatullah telah berada di lokasi banjir bandang yang terjadi di Masamba Luwu Utara. Termasuk tim Al Bayan Islamic School Hidayatullah Makassar gerak cepat menghimpun donasi bantuan.

Musibah banjir bandang terjadi sejak Senin (13/7/2020) malam hingga Selasa (14/7/2020) sore kemarin. Banjir terjadi karena meluapnya tiga sungai yakni Sungai Rongkong di Sabbang, Sungai Meli di Radda, dan Sungai Masamba di Masamba. Akibatnya menelan korban jiwa, ribuan rumah rusak dan tenggelam akibat lumpur bercampur pasir.

“Alhamdulillah, tim bantuan relawan dan logistik telah tiba di lokasi, di Masamba dan saat ini telah menempati posko sementara, yakni Pesantren Hidayatullah Masamba yang jarak dari lokasi kejadian sejauh 1 Kilometer,” terang Koordinator Lapangan Aksi Peduli Bencana BMH-SAR Hidayatullah, Rizki Dacosta.■ fir



BACA JUGA