Selasa, 4 Februari 2020 | 06:28 Wita

AILA: Waspada Anak Kecanduan Gadget, Majlis Taklim Alhijrah Kenali Anak Di Era Digital.

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id— Majelis Taklim Al Hijrah gelar kajian parenting mendidik anak di era digital dengan menghadirkan narasumber ketua Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia, Suci Susanti, di Masjid Al Hijrah pada Senin, 9 Jumadil Akhir 1441 H (03/02/2020) Makassar.

Kajian spesial parenting ini menganggakat tema “Mengenali dan Kecanduan Anak pada Internet, Game Online dan Pornografi” yang dibawakan langsung oleh Ketua AILA, Suci Susanti dan dihadiri oleh majlis taklim Al Hajrah, Annisa serta Ibu Rumah Tangga (IRT).

Kajian ini bertujuan bagaimana memahami dan mengatasi anak-anak dalam menggunakan gadget.

Ketua AILA, Suci, sapaan akrabnya, mengatakan anak-anak Indonesia terkadang orang tua memberikan gadget kepada anak tanpa tahu dampak negatifnya.

“Gadget ini bagaikan dua mata pisau. Yang dampak positifnya dan negatifnya,” ucapnya.

Beberapa hal yang membuat anak-anak berubah karena gadget, pertama dampak positifnya yaitu, kreatif, penyaluran emosi, interaksi dan bahasa, namun dampak negatifnya yaitu, kehilangan fokus, penurunan fisik, mental, radiasi, menipu, curang dan sia-sia dalam mengelola waktu.

Ketua AILA sekaligus ketua jaringan Media AILA, Suci, mengatakan umur 5 tahun anak Indonesia telah difasilitasi gadget oleh orang tuanya.

“Hati-hati memberikan gadget, awasi anaknya kalau perlu untuk bisa senang di masjid fasilitasi wifi biar senang ke masjid tapi tetap di kontrol,” tambahnya.

Kecanduan gadget adalah penggunaan cepat dan tak terkendali sehingga menimbulkan masalah perilaku, kognisi dan sosial.

Harapan dari kajian ini menyadarkan orang tua dalam meningkatkan pengawasan kepada anaknya ketika menggunakan gadget.■ Iqra

“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).


Tags:

BACA JUGA