Kamis, 30 Januari 2020 | 20:50 Wita

Begini Pesan Ketua Pemuda Hidayatullah untuk Pemuda Islam Menyikapi Era Industri 4.0

Editor: Firman
Share

HidayatullahMakassar.id — Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi menyampaikan sikap yang seharusnya pemuda Islam ambil dalam menghadapi era Industri Four Point Zero (4.0.)

Melalui sambungan telpon, Kamis, 4 Jumadil Akhir 1441 H (30/01/2020), Imam menjelaskan bahwa era Industri 4.0 adalah masa di mana manusia semakin dituntut untuk mampu bersaing secara kompetitif.

“Industri 4.0 ini sejatinya merupakan era di mana manusia, khususnya para pemuda, harus saling berlomba-lomba. Nah, karena sifatnya persaingan, maka produktivitas itu sangat diperlukan,” kata Imam kepada wartawan hidayatullahmakassar.id.

Pemuda Islam saat ini terkesan kehilangan jati dirinya sebagai muslim dalam menyikapi kemajuan zaman. Sehingga mereka tertinggal jauh dari kompetisi tersebut.

Untuk merespon situasi ini, ada tiga poin menurut Imam yang harus diperhatikan Pemuda Islam. “Secanggih apa pun kemajuan teknologi jika hal ini diperhatikan maka kita tidak perlu khawatir,” katanya.

Pertama Ibadah. Koneksi vertikal kepada Allah merupakan modal utama dalam merespon keadaan tersebut.

Kedua Amalan. Artinya, amalan itu bisa berupa apa saja. Misalnya, berkarya di berbagai bidang.

Ketiga Dakwah. Semua pemuda Islam harus bisa menyampaikan nilai-nilai keislaman. Dan kalau bisa, pesan itu dikelolah secara kreatif.”

Di akhir perbincangan, Imam Nawawi yang juga merupakan alumni STAIL Hidayatullah Surabaya ini, kembali menekankan agar pemuda Islam harus produktif.

“Produktivitas itu harus 24 jam dalam sehari itu harus dikelola secara produktif. Jangan menjadi pemuda yang pesimis dan konsumtif,” pungkas Imam Nawawi.■ Ian Kassa